Written By :
on : Senin, 15 Apr, 2019
0

Tim Debat UAD Menempel Ketat UGM ke NUDC Nasional

Yogyakarta (15/4) Tim Debat Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan yang tergabung dalam Komunitas Debating Community (Deco UAD) dalam even National Universities Debating Championship (NUDC) yang diselenggarakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah V Yogyakarta pada 9-10 April 2019 berhasil meraih Juara 2 (atau dalam debat diistilahkan 1st runner up).

National Universities Debating Championship merupakan lomba debat bahasa Inggris paling bergengsi di Indonesia karena diselenggarakan oleh Pemerintah dibawah Belmawa Kemenristek Dikti. Dalam pelaksanaannya, NUDC dibagi dalam beberapa tahapan seleksi yakni antar internal universitas, LLDikti/Kopertis (regional/wilayah), serta Nasional.

Pada NUDC 2019 ini, Deco UAD menurunkan Ika Suciwati, Novi Retno Ardianti, dan Rifki Wuda Sudirman. Dikatakan Ardila Ketua Deco UAD dan jugaIntan Rawit Sapanti, S.Pd., M.A. Dosen Pembina Deco UAD bahwa tim debat sudah mempersiapkan tim debat ini sejak tiga bulan lalu, dengan mengikuti pelatihan intensif baik di Jogja maupun di Jakarta. Tim debat juga sudah dikirimkan ke even-even debat lainnya sebagai ajang untuk menambah wawasan, ilmu, serta keterampilan debat.

 

Ika Suciwati, salah satu debater mengungkapkan bahwa seperti biasa, seleksi tingkat LLDikti WilayahV menjadi seleksi paling kompetitif hingga biasa disebut “LL Dikti neraka”.

“Tahun 2019 ini mempertandingkan total 44 universitas negeri dan swasta di seluruh Yogyakarta, termasuk kampusku, Universitas Ahmad Dahlan,” tulis Ika di status FB-nya.

“Sebenarnya, dari awal saya tidak menyangka akan keluar sebagai juara 2  (Runner Up 1) dalam seleksi ini, mengingat saingannya hebat-hebat semua. Namun selama perlombaan, fokus saya hanyalah untuk melakukan yang terbaik di setiap babak. Akhirnya tim saya breaking urutan ke-4, kemudian kami pelan-pelan melewati babak eliminasi dengan selalu menjadi top 2, dan sampailah ke Grandfinal ,” ungkap Ika.

Ditanya tentang target di tingkat nasional, Ika Suciwati menyampaikan harapan agar tim debat UAD dapat lolos ke World Universities Debate Championship (WUDC) yang akan diselenggarakan pada akhir Desember 2019 s.d. 4 Januari 2020 di Thailand. (dsk)

Baca Juga:
1. https://radarjogja.jawapos.com/2019/04/18/tim-deco-uad-raih-4-penghargaan/

2. https://kober.id/berita/detail/belum-ada-empat-bulan-deco-borong-juara

3. http://indofakta.com/news_16160.html

4. http://menara62.com/2019/04/15/deco-uad-juara-debat-bahasa-indonesia/

 

 

 

———————————————more info——————————————

Ikuti Update info Beasiswa dan Kegiatan-Kegiatan Bimawa di:

Instagram: https://www.instagram.com/bimawa.uad/

Facebook: https://www.facebook.com/Bimawa.UAD.Yogyakarta

 

———————————————butuh media partner——————————————

Haiii Warga Universitas Ahmad Dahlan

Kalian punya Kegiatan atau Prestasi yang perlu dipublikasikan di:
1. http://bimawa.uad.ac.id

2. http://uad.ac.id

3. atau ke Mass Media

Silahkan kirim Press Release/ Siaran Pers ke:
Email : bimawa@uad.ac.id

atau

Hany : 0813-3616-9991 (WA)

 

Share:

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.